Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Pernahkan Anda mengalami sakit maag? kondisi dimana Anda merasakan ulu hati sakit, dan bagian perut terasa terbakar dan perih. Itu merupakan salah satu masalah kesehatan lambung yang umum dialami semua orang. Penyebabnya paling utama karena telat makan atau stress. Agar tidak sering mengalaminya Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tepat. Apa saja jenis makanannya?

Konsumsi Ini Secara Rutin Agar Lambung Sehat

Sebagai organ pencernaan utama, lambung memiliki kapasitas tertentu dalam mencerna makanan dengan gerakan peristaltiknya. Asam lambung di dalam organ tersebut juga jumlahnya harus stabil sebagai unsur penghancur makanan. Untuk menjaga kondisi tersebut tetap normal, makanan ini bisa Anda konsumsi.

1. Makanan

makanan untuk menjaga kesehatan lambung
  • Kentang

Kentang memiliki tekstur yang lembut terutama jika direbus atau dikukus. Sangat baik untuk lambung, karena membuat kinerja lambung normal dan asam lambung tidak naik.

  • Nasi

Nasi sangat mudah dicerna oleh lambung, apalagi yang teksturnya lunak. Kandungan karbohidrat dan glukosanya juga membantu lambung untuk menyerap sari makanan lebih maksimal untuk dialirkan ke usus dua belas jari.

  • Sayur

Kandungan vitamin dan mineral khususnya di dalam sayuran hijau mampu meningkatkan kinerja lambung dan menjaga lambung pada kondisi stabil.

  • Roti

Serat yang terdapat dalam roti membantu menyerap asam yang berlebih di dalam lambung sehingga bisa mencegah masalah kesehatan lambung, terutama asam lambung berlebih.

2. Minuman

Minuman Untuk Menjaga Kesehatan Lambung
  • Susu almond

Basa yang terkandung di dalam susu almond mampu menangkal kandungan asam lambung berlebih yang menjadi penyebab sakit maag.

  • Jus

Jus dari buah alami dan segar seperti wortel, pir, semangka dan buah bit mampu menjaga kondisi lambung agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.

  • Air putih

Terapi air putih delapan gelas sehari memperlancar sistem pencernaan terutama di lambung. Makanya selalu dianjurkan minum air putih sebelum dan sesudah makan.

Mencegah lebih baik dari mengobati, pepatah itu bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan lambung. Jangan tunggu sampai asam lambung datang baru diobati, lebih baik mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Bukan saja lambung yang akan senantiasa normal, seluruh tubuh juga akan merasakan manfaat dahsyatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *