Tips Menjaga Kesehatan Balita

Menjaga kesehatan anak adalah merupakan salah satu tugas penting yang perlu dilakukan orang tua. Saat anak sudah menginjak usia 1 tahun, anak akan mulai aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal tersebut yang menjadi alasan bagi Anda sebagai orang tua untuk selalu memantau anak Anda dan berusaha untuk menjaga kesehatan balita.

Menjaga kesehatan anak bukan berarti Anda harus melarang anak Anda ketika ia ingin melakukan hal yang baru, Anda hanya perlu mendampingi dan memberikan arahan yang baik bagi anak Anda.

Kiat dan Tips dalam Menjaga Kesehatan Balita

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam menjaga dan merawat buah hati. Setiap hari, anak Anda akan terus tumbuh dan sebagai orang tua Anda harus kreatif dan mengerti apa yang dibutuhkan anak. 

1.Perhatikan makanan anak

Perhatikan makanan anak
Perhatikan makanan anak

Pada usia balita, biasanya anak akan semakin penasaran dengan berbagai hal, termasuk makanan. Orang tua akan memberikan macam-macam makanan untuk dicoba si kecil. Namun, tidak semua makanan aman dan bagus untuk dikonsumsi anak sejak usia dini. 

Sebagai orang tua, Anda perlu memastikan makanan yang diberikan memiliki ukuran dan tingkat kelembutan yang pas. Hindari makanan yang dapat membuat anak Anda tersedak dan kira-kira menimbulkan alergi.

2. Berikan imunisasi

Berikan imunisasi
Berikan imunisasi

Imunisasi merupakan hal yang sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan anak. Di usia 12-18 bulan, dokter akan merekomendasikan anak Anda untuk diberikan imunisasi campak, polio, DPT ulangan, influenza, hepatitis A, PCV, dan varisela. Anda dapat menghubungi dokter anak untuk mengetahui jadwal pemberian imunisasi yang tepat.

3. Cuci tangan dan kaki sebelum tidur

 Cuci tangan dan kaki sebelum tidur
Cuci tangan dan kaki sebelum tidur

Agar selalu bersih, mencuci tangan dan kaki sebelum anak tidur sangat penting dilakukan, selain itu hal ini juga dilakukan agar anak terhindar dari macam-macam penyakit. Contoh penyakit yang dapat dicegah dengan rajin cuci tangan dan kaki yaitu flu, diare, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit lainnya.Orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk dalam menjaga kesehatan balita. Oleh karena itu, orang tua harus selalu mencari informasi yang baik dan benar dalam merawat anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *