web log free Kb Alami Setelah Melahirkan dengan Metode Menyusui - SATU GEN

Kb Alami Setelah Melahirkan dengan Metode Menyusui

Sekarang ini cukup banyak metode kontrasepsi yang bisa dipilih mulai dengan suntik, minum obat hingga menyusui. Ya, untuk yang terakhir ini memang menjadi KB alami yang bisa diandalkan karena memang terbukti. adapun penerapannya begitu sederhana dan mudah yang terpenting memenuhi ketiga persyaratan yang ada.

Adapun menyusui untuk mencegah kehamilan kerap disebut dengan metode amenore laktasi atau lactational amenorrhea method. Hanya saja, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apa saja itu?

Gambar terkait

Yang pertama adalah ibu belum haid sejak setelah melahirkan. Ya, syarat ini memang menjadi keharusan agar nantinya yang namanya kehamilan bisa tidak terjadi, jika ternyata sudah mengalami menstruasi maka besar kemungkinan program KB ini bisa gagal. Mengapa? Saat bunda sudah mengalami proses menstruasi maka sel telur pun akan siap dibuahi oleh sperma. Dan masa subur pun kembali normal seperti sedia kala.

Adapun syarat yang kedua adalah bayi harus berusia 0 hingga 6 bulan. Ya, di usia ini bayi belum mengkonsumsi makanan apapun selain asi. Artinya, jika sudah lewat dari usia tersebut maka bisa saja frekuensi menyusui akan berkurang dikarenakan sudah mendapat makanan pendamping atau MPASI. Artinya, jeda waktu yang diharuskan yaitu 4 jam maka besar kemungkinan akan terjadi cukup panjang selama 24 jam.

Syarat yang ketiga adalah bayi harus menyusui dalam frekuensi rutin. Itu sebabnya, KB alami ini akan berjalan maksimal jika bayi berusia hingga 6 bulan dikarenakan waktu menyusui yang begitu dekat. Sementara jika sudah terkena MPASI maka jadwalnya akan jauh berkurang.

Nah, dari ketiga paparan diatas maka setidaknya melakukan KB dengan cara alami jelas memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah kelekatan antara ibu dan anak dimana proses menyusui menjadi lebih sering. Kemudian, dengan menyusui juga hormone untuk menekan kehamilan semakin tinggi sehingga Anda tak perlu menggunakan metode lain. Namun, sesuai yang dijelaskan diatas bahwa ketiga syarat diatas harus dipenuhi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *