web log free Tips Meringankan Sakit Saat Menstruasi - SATU GEN

Tips Meringankan Sakit Saat Menstruasi

Tidak jarang sakit saat menstruasi dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Meski demikian, masih ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa nyeri yang timbul tersebut. Apa saja itu?

Minum air hangat. Cara ini terbilang efektif karena selain mencegah terjadinya dehidrasi, dengan minum air hangat juga membantu meringankan rasa nyeri haid. Bahkan, bisa juga menghindari perut kembung akibat haid. Bila perlu, campurkan air hangat dengan jahe untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat haid.

Melakukan kompres dengan menggunakan air hangat. Caranya cukup mudah yaitu memanfaatkan botol yang kemudian diisi dengan air hangat. Setelah itu, gunakan handuk hangat sebagai pelapis untuk ditempelkan pada perut atau punggung. Nah, yang menjadikannya luar biasa adalah efek dari teknik alamiah ini dianggap seperti mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri.

Image result for Tips Meringankan Sakit Saat Menstruasi

Selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium. Adapun jenis makanan yang banyak mengandung kalsium yaitu susu dan produk turunannya seperti biji wijen, kacang almond. Tak lupa juga mengkonsumsi sayur berwarna hijau dan buah buahan.

Yang pasti kurangi kafein. Ya, dengan mengurangi atau menghilangkan kebiasaan untuk mengkonsumsi kafein setidaknya mengurangi kram dan tekanan saat haid. Begitu juga dengan teh dan minuman soda.

Kemudian, makanan cepat saji atau junk food sebaiknya dihindari. Makanan cepat saji ini mampu membuat perut terasa kembung dan tubuh akan menahan air.

Lakukan relaksasi dan berolahraga secara teratur. Hal ini sangat penting karena jika tubuh dalam keadaan stress maka rasa nyeri akan bertambah. Untuk itu, lakukan relaksasi agar tubuh terasa lebih rileks. Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang, jalan hingga berenang. Adapun frekuensi yang bisa dilakukan adalah sekitar 30 menit untuk setiap sesi olahraga.  Merokok? Sebaiknya dihindarkan agar nyeri haid tidak semakin parah.

Meskipun terlihat sederhana namun efeknya sungguh terasa terutama mengurangi sakit saat menstruasi yang membuat segala aktifitas menjadi terhalang. Jika dirasa sakitnya terus bertambah ada baiknya mengunjungi langsung ke dokter spesialis guna mendapatkan perawatan yang intensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *