web log free Cara Merawat dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Cara Merawat dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok adalah gangguan kulit yang umumnya disebabkan oleh pemakaian popok pada bayi. Memang tidak membahayakan, akan tetapi bisa mengganggu kenyamanan Si Kecil. Ruam popok pada bayi menyebabkan kemerahan dan iritasi sehingga membuat Si Kecil merasa tidak nyaman. 

Selain itu jika dibiarkan mungkin akan menimbulkan luka kulit yang lebih serius. Ada beberapa cara merawat dan mengobati ruam popok yang tepat yaitu sebagai berikut:

1. Kurangi pemakaian air hangat 

Mungkin banyak di antara para ibu yang belum tahu bahwa bayi belum membutuhkan banyak mandi. Bahkan tiga kali per minggu saja sudah cukup untuk Si Kecil. Apalagi jika Si Kecil sedang mengalami ruam popok. Pasalnya air hangat yang mengenai ruam bisa memperlambat proses penyembuhan.

2. Keringkan Si Kecil setelah mandi dengan tepat

Setelah memandikan Si Kecil, pastikan mengerikan dengan tepat. Terutama di area yang akan tertutupi oleh popok. Jangan sampai lembab karena bisa memicu munculnya jamur.

3. Jangan langsung memakaikan popok

Cara untuk memastikan bahwa bagian yang akan ditutupi popok kering adalah mengangin-anginkannya. Jadi jangan langsung memakaikan popok setelah memandikannya. Biarkan selama 5 sampai 10 menit terlebih dahulu agar area sensitif benar-benar kering. 

4. Oleskan krim atau pelembab

Agar ruam popok cepat sembuh, Anda harus mengoleskan krim atau pelembab sebelum memakaikan popok. Cari krim yang memiliki kandungan petroleum jelly dan minyak khusus. Pastikan produknya aman dan mengantongi izin BPOM.

5. Ganti popok secara rutin

Tips terakhir yang sangat penting diperhatikan yaitu mengganti popok secara rutin. Idealnya Anda harus mengganti popok bayi setiap 2 sampai 3 jam sekali. Jangan terlalu lama membiarkan kulit melakukan kontak dengan urine, tinja, maupun keringat. Jika sudah BAB, segera ganti popok meskipun belum 2 atau 3 jam.

Itulah informasi mengenai cara merawat dan mengobati ruam popok pada bayi. Cari popok yang aman dan nyaman untuk Si Kecil? MAKUKU SAP Diapers adalah pilihan yang tepat. Popok bayi satu ini menggunakan teknologi SAP untuk mengurangi ruam popok. Selain itu, MAKUKU SAP Diapers juga memiliki permukaan rongga udara sehingga popok tidak lembab. Anda bisa mendapatkannya di toko online ataupun offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *